Anjing Kencing

Masih di ruang kerja, milih untuk istirahat bentar setelah dihajar abis-abisan seminggu ini dengan proposal hibah inherent! Belum lagi “main job” urusan lain yang begitu nguras ruang akal dan tenaga. Sekarang istirahat bentar, udah lama nggak nulis…

Tiba-tiba keinget dengan seorang pengajar dari Yogya [bertemu pas kemarin sempat tugas ke Yogya], dia cerita tentang buku yang baru aja dia rilis, di dalam buku itu penuh dengan review dirinya atas produk-produk nasional maupun internasional. Kebetulan pas bertemu itu nggak cuma berdua, tapi serombongan ngumpul jadi satu dalam ruang kantor satu produk kaos oblong. Tiba-tiba ada yang nyeletuk [dalam bahasa Jawa], “maksudnya nyusun buku kan untuk ngasih tau ke orang-orang kalo kantor/produk yang udah disebut di sini itu berarti milik beliau, jadi kalo nyari obyekan ya jangan mampir-mampir ke kantor tersebut” =)

Tambah ditimpali lagi, “loh kok koyo asu, nguyuh ning ban!” Guyon-ne’ pol-polan tenan!

– – –

Entah ke arah mana tulisan ini mau dibuat, tiba-tiba menjadi menarik banget bila melihat pola tersebut, bagaimana kita kadang berusaha keras menunjukkan wilayah kekuasaan yang kita miliki, apalagi kalo udah mau musim kampanye, tiap sudut merasa perlu dikasih stempel, dikasih cap, dikasih penjelasan kalo ini wilayah anu, itu wilayah situ. Kita menunjukkan area mana aja menjadi hak kita, berusaha memberi tau entah dengan eksplisit maupun implisit agar “kamu jangan seenaknya masuk ke sini, ini punyaku!” Kadang untuk menjauhkan si obyek tumpuan dengan para pesaing kita, kita merasa perlu mengeluarkan penanda-penanda juga rambu-rambu — “hei lagi gue prospek nih…” =)

Ya akhirnya seperti itu tadi, seperti …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s