Seminggu

Apa yang bisa kita buat dalam kurun waktu satu minggu? Banyak hal pastinya, walau bila kita memilih sisi lainnya, kita tetap bisa diam di tempat tak beranjak saja, tidak melakukan hal apapun juga. Dan membiarkan waktu seminggu itu terlewat begitu saja.

Bila hal itu ditanyakan kepada saya, hmm pastinya jawaban pertama tadi bakal keluar menjadi pernyataan. Apalagi bila dihubungkan dengan segala aktivitas keseharian saya saat ini, terbiasa dengan menerima brief di hari yang menjelang sore, lalu dalam hari itu juga, atau untuk esok hari, brief tadi harus sudah selesai dilaksanakan. Atau dalam dua mingguan kemarin, dalam waktu satu minggu, satu buah proposal dalam anggaran setengah milyar mesti kelar disusun, lengkap dengan segala detail aktivitas, anggaran biaya, term of references dan visual-visual yang memudahkan mencerna maksud segala proposal. Yap, dalam waktu satu minggu proposal tersebut kelar disusun, walau harus jumpalitan, jungkir balik, kurang tidur, ditambah mesti menata pekerjaan harian dan “urusan-urusan” lain yang turut menyita dan menyerap segenap energi yang dimiliki.

Waktu seminggu juga cukup buat saya untuk, hari pertama membeli tiket bis jurusan probolinggo. Hari kedua saya tiba di probolinggo terus naik ke Bromo. Hari ketiga hingga hari keenam saya “berhentikan” detik waktu untuk menyambangi kawah Bromo, duduk di pinggir lembah Penginapan Cemoro Indah, mengunjungi Pananjakan, menikmati hening Ranu Pane’. Lalu di hari yang sama, saya cari lagi tiket bis, dan di hari ketujuh, saya kembali berada di Jakarta.

Dari hasil googling, saya bertemu dengan satu buku berjudul “7 Days to A Positve Attitude”, publiser-nya Blue Mountain Arts, Inc. Jujurnya sih saya paling males baca buku model seperti ini =) . Buku ini coba membahas dengan detail hari demi hari bagi seseorang yang ingin berubah secara positif. (01) visualize the perfect week. (02) Today is your new beginning. (03) When the past intrudes. (04) Check your progress. (05) Remember you are not alone. (06) Appreciate the little blessings. (07) You really are on your way.

Sedang yang lainnya, waktu seminggu itu adalah waktu yang SBY putuskan sebagai masa berkabung saat Pak Harto meninggal dunia. Waktu seminggu adalah waktu yang dicanangkan oleh Kunci Cultural Studies Center sebagai kampanye Seminggu Tanpa TV [25 April – 1 Mei 2008]. Seminggu adalah waktu maksimal pengajuan permohonan izin perjalanan dinas ke luar negeri sebelum waktu keberangkatan. Seminggu juga bisa menjadi satu kurun waktu yang dijanjikan untuk bikin singset badan, atau juga tambah berat badan, tambah tinggi, wajah bersinar, rambut lebih hitam, kulit lebih putih…

Lalu bagaimana denganmu? Apa yang dapat kamu lakukan dalam kurun waktu seminggu ke depan, apa yang akan dicapai setelah satu minggu terlewat nanti. Apa yang coba diraih dan diperjuangkan dalam satu minggu ini. Sesuatu yang memang patut untuk diraih? Sesuatu yang semestinya teramat berat untuk dilakukan? Sesuatu yang selama ini telah teramat nyaman menemani hari? Atau sesuatu yang memang semestinya tak disentuh sedari awal?

/02.15 =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s