Makhluk Kecil, Putih dan Cantik

ipod-first-generation

Tak banyak obyek “sederhana” yang mampu merubah dunia. Salah satunya ya iPod. Benda kecil, putih dan begitu cantik. Walau sekarang warnanya nggak hanya putih saja, ada sekian warna baru yang membuat iPod semakin warna-warni. Namun di balik kesederhaan bentuk iPod tersebut, terdapat perjalanan panjang dalam merumuskan benda kecil itu. iPod sendiri tentunya tak bisa terpisahkan dengan iTunes [player + store], bagaimana dua komponen tersebut dapat merubah pola hidup manusia, merubah cara hidup. Dan sekian teknologi bahkan industri terlibas di dalamnya, Sony harus mereka ulang, berpikir keras untuk merebut lagi singasana music player portable, walkman mereka. Industri rekaman pun dipaksa untuk merubah pola berjualan mereka, dari berjualan album lalu berubah menjadi berjualan single lagu. Lalu bukan hanya itu, berikutnya film, videoklip, acara tv, satu persatu masuk dalam daftar jual di iTunes Store itu.

Yang menarik lagi, bagi saya, merubah dunia itu juga berarti menciptakan pengikut-pengikut. Bagaimana si mahluk putih itu bisa punya pengikut, peniru, penjiplak. Nggak ketulungan, bukan hanya produk-produk dari negeri Cina, tapi para pemain besar dunia pun merasa perlu untuk urun rembuk mengeluarkan seri putih. Tak kurang Microsoft dengan Zune-nya. Lalu Creative, Sony Ericsson, Toshiba (ini bahkan mengeluarkan seri khusus notebook putih seperti seri Apple iBook/MacBook). Bahkan trend tersebut menular hingga ke produk-produk lain yang jauh dari MP3 Player.

white-gadget

white-cars white-taxi

Karena itu selalu menarik menunggu inovasi dari Apple dalam mengeluarkan produk-produk mereka, nggak akan pernah kehilangan “kangen” untuk melihat “si mahluk kecil, putih nan cantik” itu! Karena ada catatan panjang yang turut menyertai, dan ada semangat yang tertera jelas dalam berinovasi.

/17.16

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s