Software Perpustakaan

 

Mengetahui berapa banyak koleksi buku yang kita miliki pasti menjadi salah satu hal yang kita inginkan, lalu dengan mudah melacak keberadaan buku-buku tersebut sedang disimpan di mana, terlebih bila kita sekaligus dapat mengetahui siapa yang sedang meminjam buku koleksi kita tersebut. Mencatat satu persatu koleksi dengan manual pasti menyebalkan, data statis tersebut pun bakal sulit untuk kita lacak ulang, karena mesti kita telusuri lagi satu persatu.

Nah, saat ini ternyata terdapat software-software untuk perpustakaan berbasis inventaris database. Ada yang gratisan ada pula yang sifatnya harus membeli. Dapat digunakan untuk mendata bukan hanya buku namun juga koleksi CD, DVD, Games, CD software, juga inventaris lainnya. Ada satu kesamaan secara tampilan interface bila melihat tampilan software-software tersebut, yaitu disajikan dengan pendekatan iTunes. Sebelah kiri kategori lalu sebelah kanan atas tampilan koleksi dan di bagian bawahnya detail informasi koleksi tersebut.

Satu hal paling menarik dari software tersebut adalah saat ini dilengkapi dengan pembaca barcode lalu secara otomatis dapat diatur untuk terhubung dengan pusat ISBN (International Standard Book Number), atau bisa juga kita hubungkan dengan misalnya Amazon.com. Untuk membaca barcode itu pun kita tidak perlu memiliki alat khusus BarCode Scanner. Cukup memanfaatkan iSight (kamera pada produk Apple) atau webcam.

Secara sederhana cara kerjanya dengan mengaktifkan software tersebut juga iSight. Kemudian dekatkan barcode untuk masuk ke dalam area baca iSight tersebut. Begitu terdengar suara “klik” (terbaca) — secara langsung software tersebut membaca ISBN yang ada. Lalu dengan bantuan mesin pencari yang ada maka data detail buku tersebut akan segera muncul, lengkap dengan gambar cover dari buku tersebut. Data lengkap tersebut secara otomatis tersimpan di dalam database, yang dengan mudah dapat kita lacak ulang.

Software tersebut kini biasanya dilengkapi juga dengan feature pencatat peminjam. Sistem katalog dengan standar perpustakaan internasional. Sistem ekspor dan impor data, terhubung dengan Address Book (hingga kita bisa munculkan nama si peminjam koleksi kita), Mail, iPod juga aplikasi online semisal Delicious.

Beberapa software perpustakaan yang gratis :

Book Hunter 0.8.4
Software Company : http://software.joelares.net
Download : http://software.joelares.net/blog/?p=270

bookhunter-01

(+) gratis
(-) sangat sederhana dalam penyajiannya

Books 3.2
Software Company : http://www.audacious-software.com/
Download : http://books.aetherial.net/wordpress/

books-01

(+) interface nya sudah menyajikan tampilan cover buku
(-) tampilan visual dari cover buku yang ada tidak tersaji dengan rapi

 

 

Beberapa software perpustakaan yang harus membayar :

Librarian Pro 1.4
Software Company : http://software.joelares.net
Download Trial : http://www.koingosw.com/products/librarianpro.php

librarianpro

(+) “hanya” $29.95
(-) tampilannya standar iTunes, tidak dikemas ulang agar lebih menarik

 

Delicous Library 2.0.6
Software Company : http://delicious-monster.com/
Download Trial : http://delicious-monster.com/

delicious-library

(+) Visual disajikan sangat menarik, Koleksi seperti berada di dalam rak. Bisa search lewat suara.
(-)  Mahal! $ 40

8 thoughts on “Software Perpustakaan

  1. Bos, mau numpang promo. Buat juragan2 yang pingin software perpustakaan, coba dulu trialnya sebelum membeli. Kunjungi http://www.dekadesoft.com, dan download trialnya. Harga terjangkau, tampilan menarik, berbahasa Indonesia, mampu menyimpan data anggota, buku, peminjaman, pengembalian, denda, laporan statistik, rekapitulasi, support barcode scanner, dan masih banyak lagi. Terima kasih.

  2. Kalau softwarenya hanya untuk pendataan DVD nya saja, bisa menggunakan salah satu software yang ada di tulisan ini. Sama saja secara fungsi, termasuk pendataan koleksinya, sedang dipinjam siapa, ataupun sedang disimpan di rak bagian mana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s