Ikut Pameran Poster Grafika Politika

garuda02

Sekian polemik terkirimkan mengomentari wallpaper yang ada di http://kepakgaruda.wordpress.com ini, beberapa malah ada yang mengirimkan secara khusus lewat email kepada kami. Sepertinya ada baiknya saya memberikan klarifikasi seputar proses kreatif wallpaper ini.

Visual ini dibuat awalnya diperuntukkan guna Pameran Poster GrafikaPolitika di FGD Expo 2009, penyelenggara pameran itu adalah FDGI (Forum Desain Grafis Indonesia). Lalu dibuatlah poster dengan ukuran lumayan raksasa — (100cm x 180cm).

Kebutuhan visual untuk menunjang ide kreatif wallpaper ini diputuskan untuk menyajikan sesuatu yang ekspresif, mengetengahkan kegetiran, rasa sakit, dan keputusasaan yang awalnya diakibatkan oleh diri sendiri. Semua yang hadir secara visual di image tersebut murni merupakan ekspresi dari kebutuhan tema yang ingin diangkat.

Lalu terpilihlah judul “Garuda tak kan mampu terbang tinggi” — Lawan terbesar dari perubahan, kemajuan, perbaikan, dan apapun pergerakan ke arah positif adalah ketidakpedulian, semau-mau hati sendiri serta masa bodoh. Bangsa ini tak akan menjadi lebih baik apabila masih dipenuhi hal-hal negatif tadi. Sang saka merah putih tak akan berkibar dengan megah dan sang garuda tak akan mampu mengepakkan sayap-sayapnya untuk terbang lebih tinggi.

Berikut image dari poster asli sebelum di-croping menjadi wallpaper di Kepak Garuda. Bila ingin mendapatkan wallpaper (seperti image yang di atas, silakan mengunjungi http://kepakgaruda.wordpress.com/2009/08/09/garuda-02

gtkmtt

3 thoughts on “Ikut Pameran Poster Grafika Politika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s