Adu Ide, Pemikiran dan Program

adu-ide

Baru saja membaca sebuah artikel tentang “persahabatan” Natsir dan Aidit, bila mereka sedang di parlemen, mereka akan berdebat luar biasa, bagaimana tidak luar biasa debatnya, yang satu dari Partai Islam dan yang satu Partai Komunis. Namun, setelah perdebatan seru tersebut, mereka minum kopi berdua di luar. Luar biasa!

Atau bagaimana hubungan Bung Karno dan Bung Hatta, “perang” ideologi itu sudah dimulai jauh sebelum Indonesia Merdeka. Puncak perdebatan mereka adalah peristiwa “Dwi Tanggal”, saat di mana Dwi Tunggal memilih jalannya masing-masing. Namun sebagai sahabat, konon yang menjodohkan Ibu Rahmi dengan Bung Hatta adalah Bung Karno sendiri.

Adu ide, pemikiran, ideologi adalah wacana yang senantiasa menarik. Menjadi lebih menarik apabila adu tersebut melihat kepada esensinya bukan pelakunya. Menjadi beda dan tak sejalan bukan penyakit ataupun keadaan semisal alergi yang selalu berusaha dihindarkan. Bila menyakini sesuatu yang baik/betul/benar ya wujudkan aja, realisasikan! Begitupun bila tidak setuju, silakan buat tandingannya yang lebih baik. Buat program ataupun kegiatan yang jauh lebih hebat lagi. Paling penting itu jangan serang pelakunya, jangan berangus orangnya! Karena pada dasarnya Anda tidak memiliki pemikiran, ide, ideologi program ataupun kegiatan yang jauh lebih baik. Hanya berdasar kepada “yaa nggak suka adjaaah.”

One thought on “Adu Ide, Pemikiran dan Program

  1. Penyakit kita yang terberat juga adalah mengenai soal suka dan tidak suka. Maka orang menjauh dari sifat-sifat intelektual, sekalipun ia terpelajar. Menurutku orang intelek adalah orang yang lupa akan pelajaran yang pernah didapatnya, namun dapat menyatukan jiwaraganya dengan apa yang dibutuhkan oleh lingkungannya. Orang seperti itu mau banyak belajar melalui dan dalam kelompoknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s