Kata yang Tepat

“Mempertemukan seseorang dengan titik tertingginya” — sebuah narasi pendek yang saat ini begitu coba untuk diyakini. Terlebih bila dihubungkan dengan profesi yang saat ini sedang ditekuni. Berkecimpung di dunia pendidikan bagi saya bukan sekedar menyampaikan ilmu yang saya ketahui, bukan sekedar menjembatani pengetahuan yang saya miliki. Lebih dari itu, bagi saya, memaksimalkan segala kemampuan seorang murid, hingga sang murid itu menemukan sebuah tempat di mana dia sendiri belum pernah menjumpainya, sebuah tempat yang disebut olehnya sebagai ranah kemampuan tertinggi yang dimiliki. Bagi saya, itu adalah sebuah pencapaian tertinggi yang dapat saya berikan.

Seperti halnya seorang dokter yang menyembuhkan pasiennya. Seorang arsitek yang membangun gedung menjulang menoreh langit. Seorang motivator yang memberikan kembali sebuah arah baru di dalam hidup. Seorang penulis yang dapat memberikan sejuta inspirasi.

Sebuah skema bahagia akan begitu mudah terbentuk saat kita menjadi bagian dari kebahagiaan seseorang. Kadang sebuah ucapan pendek, “kamu yang membuat bahagia ini ada”, akan senantiasa dalam bermakna. Menjadi bagian dari seseorang menemukan kembali arahnya, menciptakan kembali mimpinya, menata kembali harapannya adalah sebuah kebahagiaan dalam arti sesungguhnya. Dan saya akan selalu berharap menjadi bagian itu, sekecil apapun bagian itu.

Karena, menjadi sebab atas sebuah kegagalan, menjadi faktor atas sebuah kehancuran, menjadi pemicu dari sebuah sakit hati yang meradang, menjadi peletup atas kemarahan yang tak berkesudahan… tanpa disebutkan pun adalah sebuah keadaan yang akan membuat diri ini begitu sesak dalam arti sesungguhnya. Dan bila garis waktu menorehkan diri ini menjadi penyebab dari segala titik terendah itu, kadang untuk sekedar berharap agar titik-titik terendah tadi menjadi pijakan baru untuk kembali membumbung ke angkasa pun menjadi terlalu muluk untuk diajukan, untuk diminta…

Dan pilihan berhenti untuk tak lagi menambah keterpurukan lebih terlihat menjadi satu arah yang… (entah kata apa yang tepat untuk melukiskan keadaan tersebut…)…

/10.52

Golf Ball by : Icons Land

2 thoughts on “Kata yang Tepat

  1. wah, narasi yang sungguh menarik nih.. :) memang terkadang kata-kata yang begitu sederhana dapat membekas dalam pikiran kita hingga akhir hayat. :D Selamat hari Minggu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s