Trenton Doyle Hancock

Hancock lahir pada tahun 1974 di Oklahoma City, menyelesaikan pendidikan BFA-nya di Texas A&M University, lalu MFA pada Tyler School of Art, Temple University, Philadelphia.

Dorongan bermain masa lalu adalah sumber inspirasi yang tak pernah kering bagi Hancock. Karya yang disajikan merupakan karya-karya hasil penelusuran dari semangat bermain, dunia fantasi, dunia superhero, perangkat permainan, dan tentunya mimpi-mimpi masa kecil yang terus dibawa olehnya. Contoh karya yang dihasilkan yang berasal dari fantasi adalah yang terinspirasi oleh mahluk mitos yang protagonis namun memiliki kehidupan yang tragis. Dorongan bermain yang beradu dengan pengalaman religius masa kecil, di mana cerita-cerita Alkitab ia pelajari di gereja lokal yang ia ikuti, menjadi semacam pergulatan pemikiran, beradu dengan kecerdasan dan pengetahuan dirinya yang baik akan musik, warna dan bahasa. Semua hal dari masa lalu itu terus bergejolak dan hadir di tiap waktu berlangsungnya proses penciptaan karya.

“Bye and Bye”2002 | Acrylic and mixed media on canvas | 84 x 132 inches
Collection of the Museum of Fine Arts, Houston, Texas
Courtesy James Cohan Gallery, New York and Dunn and Brown Contemporary, Dallas.

“For a Floor of Flora”
2003 | Installation at James Cohan Gallery, New York
Left: “Choir,” 2003, mixed media on canvas, 96 x 132 inches
Right: “Flower Bed,” 2003, wallpaper, dimensions variable
Courtesy James Cohan Gallery, New York and Dunn and Brown Contemporary, Dallas

Tak hanya menjadikan latar masa lalu sebagai sumber inspirasi, namun Hancock juga bekerja dengan semangat bermain anak kecil. Warna-warna yang begitu berani ia munculkan, potongan-potongan yang tampak seperti gundukan sampah ia gunakan sebagai medium dalam berkarya. Dan semua itu ia sajikan dengan cepat, seperti tanpa arahan, membentuk warna dan komposisi yang telah mengurat akar dalam dirinya. Lalu tiba-tiba tersaji sebuah karya seni yang mengejutkan, tak lagi dipertanyakan medium yang digunakan, media apa yang dimanfaatkan. Karena telah menjadi satu kesatuan karya seni yang mengagumkan.

* * *

all images from : http://www.pbs.org/art21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s