Awesome Plug-in

Saya saat ini pemakai aktif browser Chrome, meninggalkan FireFox yang rasanya menjadi semakin lambat (paling saya gunakan hanya untuk mengunduh film dari web video semisal YouTube dan Vimeo dengan plug-in Download-Helper-nya). Safari yang bawaannya Apple-Mac juga jarang digunakan, karena short-cut nggak membuat nyaman dalam berpindah tab browser. Menggunakan Chrome karena terasa (disebut ‘terasa’ karena saya tidak pernah mengukur secara pasti) jauh lebih cepat, dan bila ada yang crash, tidak membuat mati web-web lain yang sedang dibuka di lain tab/window.

Saya juga cenderung tidak memanfaatkan plug-in yang pasti banyak dan bermanfaat itu. Sebelum ini saya hanya menggunakan plug-in Delicious untuk menyimpan web yang bagus, tasking list dari Google Task, dua hal yang tidak pernah lepas dari keseharian saya dalam bekerja — menyimpan web bagus + menyusun daftar pekerjaan.

Nah sekarang tambah satu lagi plug-in yang saya gunakan, namanya Awesome Screenshot. Plug-in memungkinkan kita untuk melakukan capture (memfoto/mengambil gambar) halaman web yang sedang kita buka, baik sebagian, seluruh yang tampil di browser ataupun keseluruhan halaman dari atas hingga bawah. Sebelumnya saya selalu menggunakan software Paparazzi! atau Grab, software bawaan Apple-Mac.

Kerennya Awesome Screenshot ini kita bisa memberikan catatan pada capture yang telah kita lakukan, jadi apabila kita ingin melakukan review atau menunjukkan sesuatu pada web yang kita tuju, kita tinggal membuat catatan langsung di atasnya. Bila ada informasi yang tidak dapat dipublikasikan secara umum, terdapat fasilitas untuk mem-blur informasi tersebut. Bila sudah selesai, kita dapat langsung menyimpannya ke harddisk yang kita miliki atau langsung menyebarluaskannya via media jejaring sosial, karena fasilitas share telah mereka sediakan.

Buat yang bekerja/mengajar web design fasilitas ini pasti akan sangat membantu. Satu kekurangannya adalah, mengapa logonya harus mirip dengan logo Apperture ya? :) . Silakan untuk turut memanfaatkannya, kunjungi http://awesomescreenshot.com/ — tersedia untuk Chrome dan Safari (5.0.1), sedang FireFox masih harus menunggu.

4 thoughts on “Awesome Plug-in

  1. saya juga suka chromium, sangat cepat loadingnya, hanya saja masalahnya flash kadang suka error, image tidak terload utuh

    masalah lain, saya tidak terbiasanya dengan penempatan pluginsnya, saya lebih suka model plugins toolbar seperti di firefox

  2. Wah, saya baru tahu kalau ada plugin seperti ini. Sangat menarik, terutama fitur anotasinya. Di firefox selama ini saya menggunakan Screengrab, namun tidak ada fitur memberi catatannya itu.

  3. betul mas, untuk membuat presentasi, tutorial, diskusi saat web development, bakal membantu sekali. kalau dulu terbiasa menggunakan papparazi namun untuk web yang harus melakukan loading terlebih dahulu sulit untuk mengatur waktu grab nya.

    atau kadang juga menggunakan Grab, aplikasi bawaan Mac, tapi dia tidak bisa full web dalam meng-capture.

Leave a Reply

