Kuliah Umum Prof. Rhenald Kasali

Sabtu-sabtu, pagi hari pula, berangkat menuju Cikini untuk hadir di kuliah umum semester baru Pascasarjana IKJ, kali ini pembicaranya Prof. Rhenald Kasali, guru besar bidang manajemen Universitas Indonesia. Dan baru tahu juga, kalau di bagian atas ruang yang biasa untuk kuliah itu terdapat auditorium, nah acara kuliah umum kemarin itu dilaksanakan di ruang itu.

Materi yang dibawakan berjudul Artpreneurship, namun secara umum lebih menggagas hal yang terdapat di buku yang baru dikeluarkan oleh Prof. Rhenald, buku yang berjudul Cracking Zone. Salah satu poin yang disampaikan beliau dan masih teringat jelas adalah: saat ini yang dibutuhkan dari seorang pemimpin tak lagi hanya leadership, namun butuh seorang cracker, seorang yang mampu merombak tatanan organisasi, berani mengambil resiko untuk melakukan perubahan di rutinitas keseharian yang kadang begitu stagnan. Seorang cracker tak hanya akan dimusuhi oleh rekan dan atasannya karena ide liarnya, namun juga akan dimusuhi oleh para pesaingnya karena menciptakan terobosan-terobosan yang membahayakan kemapanan yang telah berjalan. Nah sekarang terbayang kan bila pemimpin yang kita miliki boro-boro punya jiwa cracker, sedang jiwa leadership aja tidak dimiliki, mau dibawa kemana kapal besar yang sedang kita naiki.

Yang menyenangkan untuk saya — saat melihat materi presentasinya Prof. Rhenald — untuk saya, apa yang beliau sampaikan mengenai konsumen serta keadaan saat ini bukanlah hal yang terlalu baru :) Boleh Ge-Er, hal yang beliau sampaikan itu adalah materi yang setahun ini kerap saya sampaikan di depan kelas dan diskusi-diskusi kecil antar dosen atau siapapun. Bagaimana jejaring sosial online telah merubah cara manusia berinteraksi, tentang terbentuknya medium bisnis baru berbasis freemium, dan tentang hal-hal lain yang membentuk generasi baru berbasis internet serta media baru. Yah, setidaknya itu menguatkan bahwa yang saya sharing selama ini berada di lajur yang tepat, tidak mengada-ngada, terlebih mengawang tak menentu arah :)

* * *

One thought on “Kuliah Umum Prof. Rhenald Kasali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s