Efek Domino Social Media

Andai ada yang dapat berhitung dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh social media, pasti hasilnya di luar yang kita kira, sangat besar. Contoh sederhananya bisa kita ambil dari satu aktivitas saja, yakni: Reuni. Yap, salah satu dampak terbesar dari kehadiran social media (kita bataskan pada Facebook) adalah reuni itu tadi. Lewat jaringan Facebook kita dapat bertemu dengan bagian masa lalu kita, teman sekolah, teman kampus, teman tongkrongan, teman rumah, teman kantor, apapun! Lalu dengan mudahnya saling berkomunikasi untuk membuat janji bertemu.

Dampak ekonomi pertama yang akan ditimbulkan pastinya tempat makan (ada juga yang memilih tempat futsal ataupun tempat olahraga), saya yakin bila ditelusuri, tempat makan (yang dapat menampung jumlah pengunjung banyak) itu mengalami dampak kenaikan jumlah pengunjung sebagai akibat dari dampak reuni.

Nah, yang lebih seru itu bila menelisik aktivitas sebelum pertemuan reuni di tempat makan tadi. Yang namanya ingin bertemu dengan rekan (beberapa tentunya bertemu dengan ‘mantan’ — terbagi lagi dengan ‘mantan beneran’, ‘berasa mantan’, ‘mantan gebetan’ — dan tentunya beberapa yang merasa ‘dulu itu’ ada yang belum selesai :), pastinya butuh persiapan serius. Ada yang merasa perlu ke salon dulu, bila waktunya cukup ya ambil kelas untuk nge-gym dulu biar tubuh terlihat lebih OK, dan tentunya aktivitas untuk membeli pakaian serta aksesoris. Sedang yang berorientasi kepada bisnis biasanya bersiap mencetak kartu nama untuk dibagikan. Yang sedikit menyebalkan itu bila ada yang ikut multilevel marketing, niat datang ke reuninya murni untuk mencari downline. Dan percaya tidak percaya beberapa merasa perlu untuk mengganti ponsel yang dimiliki agar nanti digenggam terus selama acara reuni berlangsung agar terlihat status sosialnya saat ini.

Nah, dengan satu aktivitas saja, mudah terlihat dampak ekonomi yang digulirkan :)

2 thoughts on “Efek Domino Social Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s