Petr Cech Terluka (Lagi)

Lima tahun lalu dalam sebuah laga, sebuah kecelakaan fatal hampir merenggut habis karir dan kehidupan Peter Cech. Dalam sebuah aksi penyelamatan, lutut pemain Reading, Stephen Hunt menabrak dengan keras kepala dari Petr Cech, hingga cedera tulang tengkorak harus diderita dalam waktu lama. Saat kembali ke lapangan tiga bulan kemudian, sebuah helm khusus hingga perlu dikenakan dalam tiap penampilannya, sampai hari ini.

Malam tadi, kejadian tersebut hampir terulang, sekali lagi dalam sebuah aksi penyelamatan benturan tak terelakkan, namun kali ini benturan tersebut didapat dari pemain belakang Chelsea, Ashley Cole. Benturan yang menyebabkan permainan terhenti hingga tujuh menit. Karena Cech membutuhkan perawatan khusus dari tim medis, darah tak henti keluar dari hidungnya yang patah.

Tak lama Ross Turnbull, kiper cadangan Chelsea, segera bersiap melakukan pemanasan, berjaga untuk menggantikan kiper utama yang masih mendapatkan perawatan. Momen terus berjalan, Cech pun bangkit, siap melanjutkan, lengkap dengan sumbatan kapas untuk menahan laju darah yang masih keluar dari dua lubang hidungnya. Sepanjang babak pertama berjalan, darah masih terlihat keluar. Pada babak kedua, usai turun minum sebuah perban telah disematkan dengan rapi melindungi hidungnya.

“Saya pikir, hidung Cech patah. Saat turun minum, ia mengatakan kepada kami ingin terus bermain. Jadi, itu menunjukkan keberanian dan komitmen pemain yang telah memiliki masalah cedera pada kepalanya,” ujar Villas-Boas seperti dikutip dari http://www.chelseafc.com.

Saya terpikir, ini bukan sekedar keberanian dan komitmen, lebih dari itu ada pertaruhan yang dijalani oleh Cech di sana. Begitu Ia menyerah lalu digantikan oleh Turnbull, kemudian Turnbull bermain cemerlang, maka kesempatan menjadi kiper utama bisa meredup dari dirinya.

Menjaga ritme keadaan yang telah berlangsung sesungguhnya jauh lebih butuh dilakukan, pengorbanan sesungguhnya ada di sana. Menyerahkan diri pada kelelahan sejenak, juga rasa sakit yang tiba-tiba menghadang, sesungguhnya menjadi pemicu pada keadaan yang lebih buruk. Karena itu, pilihan untuk terus melanjutkan atau memuaskan ‘rasa sakit’ (yang kadang hanya sejenak) sepenuhnya akan terus menjadi pilihan yang akan ditemui…

(09.34)

2 thoughts on “Petr Cech Terluka (Lagi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s