Mendirikan Telur Ayam

Selalu teringat dengan diskusi dengan Mas Wedha mengenai gaya ilustrasi marak berkotak (WPAP) yang beliau kembangkan. Salah satu pernyataannya yang sangat menempel adalah pada saat dia mengomentari WPAP dengan analogi, “Jangan-jangan ini seperti cerita telur Columbus”. Sejujurnya saat itu terucapkan, saya sama sekali nggak memahami mengenai perumpamaan itu. Yang terpikirkan saat itu hanya, “Mana Google… mana Google” :)

Di pertemuan berikutnya dengan Mas Wedha, saya jauh lebih PeDe, karena telah melakukan googling dan telah tau analogi telur Columbus. Yap, kalau memang ilustrasi WPAP itu disebut mudah, mengapa dari dulu tidak ada yang mencoba membuatnya. Lalu setelah gaya tersebut berkembang mulai bermunculan kalimat, “Ah kalau begitu saja sih mudah”. Nah kembali lagi, kalo memang itu hal mudah, kenapa Anda tidak membuatnya dari sekian waktu lalu.

Seperti halnya debat berabad-abad soal telur dan ayam, siapa yang lebih senior?! :) … Kenapa nggak langsung pecahkan saja telurnya, tambahkan garam dan merica secukupnya lalu goreng menjadi telur mata sapi atau telur dadar, bahkan kita bisa memilihnya menjadi setengah matang. Atau, potong saja ayamnya, dan sederet menu penuh cita rasa siap menjadi pilihan untuk menyiapkan lezatnya daging ayam. Pilihan rebus, panggang, bakar, goreng, kukus, dan (mungkin) sederet kreativitas mengolah lain masih bisa dipilih untuk penyajian.

Atau bahkan, putuskan saja, lalu jadikan ayam dan telur tadi dalam sajian opor ayam lengkap dengan telur rebus yang berkuah santan nan kental. Hmm…

2 thoughts on “Mendirikan Telur Ayam

  1. Jadi ingat perkataan favorit seorang sahabat “It’s easy when you know the answer” :) Tapi monolog kamu yg bagian bawah kayaknya ditulis pas lagi lapar, Dan? ;) hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s