Monte Cristo

130110-montecristo

Judul Buku:
Monte Cristo
(Le Compte de Monte Cristo)

Penulis:
Alexandre Dumas (1845–1846)

Penerjemah:
Ermas

Penerbit, Tahun Penerbitan, Jumlah Halaman
Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1992, 790 halaman

Bayangkan sebuah novel setebal 790 halaman dengan kandungan lebih dua pertiganya bicara tentang mengkonstruksi sebuah balas dendam. Tiap muara dari balas dendam tersebut melewati sekian rumit detail menuju dendam yang terbalaskan, entah itu berupa kematian, kegilaan atau kesulitan hidup yang maha dahsyat.

Kisah ini berawal dengan sangat sederhana, tentang seorang pelaut yang berumur tak lebih dua puluh tahun, bernama Edmond Dantes. Mimpinya pun sederhana, yakni menikah dengan kekasihnya, Mercedes. Namun malang tak dapat ditolak, sebuah peristiwa yang mengantarkan dirinya bertemu dengan Napoleon Bonaporte di Pulau Elba malah menyeret dirinya untuk “dihilangkan” karena menyangkut kepentingan pejabat yang sedang berkuasa. Mimpi sederhananya hancur, jabatan kapten kapal yang baru didapatnya tak sempat sekali pun ia nikmati. Puri If, sebuah penjara kelas berat yang berada di tengah pulau kecil akhirnya menjadi tempat berlabuh Edmond, atas kejahatan yang tak pernah ia buat.

Salah satu babak terbaik dari novel ini adalah saat Edmond bertemu dengan seorang padri yang turut di penjara di Puri If itu juga. Sebuah perkenalan yang membawa perubahan hidup yang maha dahsyat bagi Edmond, dari meningkatnya ilmu pengetahuan yang dimiliki hingga kemampuan bela diri yang menjadi mumpuni. Terakhir, sebuah peta harta karun diwariskan oleh si Padri, harta tersebutlah yang merubah segalanya, harta yang dijadikan modal untuk mewujudkan balas dendam miliknya.

Dumas adalah seorang Perancis yang dikenal lewat karya-karya fiksi romantik berbasis sejarah yang kuat. Karya-karya monumental yang dimilikinya selain Monte Cristo adalah seri kisah Three Musketeers (Les Trois Mousquetaires, 1844). Sepanjang hidupnya ia telah menulis lebih dari 100.000 halaman.

Bila ingin membaca sebuah novel sejarah yang kuat, bertutur soal balas dendam yang sedemikian rapi dan terencana, terbangun lewat detail deskripsi yang terang benderang, maka bacalah buku ini. Ingin versi bahasa Inggrisnya, Anda bisa mendapatkannya (salah satunya) via iTunes BookStore secara gratis, karena buku tersebut telah menjadi public domain dan termasuk dari 40.000 buku yang didigitalkan oleh Project Gutenberg, kemudian bersiaplah larut dalam guliran kisah balas dendam yang sedemikian perihnya, dengan satu kata penuh keyakinan — Sweet Revenge!

Tulisan terkait:
The Count of Monte Cristo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s