Mentjapai Indonesia Merdeka

130112-mentjapai-indonesia-merdeka

Belum sempat membaca isi buku ini, hanya ingin berbagi kata pengantar yang terdapat di dalam buku ini, yang dituliskan Soekarno pada tahun 1933. Buku ini sendiri ditulis pada saat Soekarno beristirahat di sesuatu tempat di pegunungan selatan Bandung (Pengalengan) pada bulan Maret 1933.

Saja tuliskan apa adanja sesuai jang ada…

– – –

Kata Pendahuluan
Mentjapai Indonesia Merdeka

Hanja Rakjat jang mau merdeka bisa merdeka
(Tilak)

Selatan dari Bandung adalah satu tempat-pegunungan jang bernama Pengalengan. Ditempat itu saja, sekembali saja dari saja punja tournee temphohari ke Djawa Tengah jang membangkitkan Rakjat sedjumlah 89.000 orang, bervakansi beberapa hari melepaskan kelelahan badan. Dalam vakansi itu saja menulis ini risalah, ini vlugschrift.

Isinja buat kaum ahli-politik tidak baru, tapi buat orang jang baru mendjedjakkan kaki digelanggang perdjoangan ada faedahnja djuga. Untuk mendjaga djangan sampai risalah ini mendjadi terlalu tebal, dus djuga djangan sampai terlalu mahal harganja, maka hanja garis-garis besar sadja jang bisa saja guratkan.

Misalnja fasal ,,Diseberang Djembatan-emas” kurang djelas. Tetapi Insja Allah akan saja bitjarakan nanti spesial didalam risalah lain, jang djuga akan bernama ,,Diseberang Djembatan-emas”.

Moga-moga risalah ini banjak dibatja oleh Marhaen.

SOEKARNO
Maret 1933

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s