Tikhi – Titipan Khilaf

130205-tikhi

Bagi saya, kualitas kepemimpinan terburuk itu adalah hanya menjadi kurir penyampai pesan saja. Lebih spesifik, saya sedang membicarakan para pemimpin juga para manajer yang berada dalam posisi di antara pusat kekuasaan dan para pekerja/karyawan biasa.

Mengapa sebatas kurir saja?

Ya karena perintah dari pusat kekuasaan ditelan bulat-bulat begitu saja lalu disampaikan letterlijk tanpa penambahan apapun ke para karyawannya. Beberapa arahan tentunya memang harus tersampaikan secara harafiah, apa adanya. Namun bila ia berupa beban ataupun target yang masih bersifat umum sudah sewajibnya diturunkan lengkap dengan strategi mencapainya, lampiran roadmap, arahan-arahan serta garis waktu pencapaian.

Lebih absurd lagi bila pimpinan cuma sebatas bisa bilang, “ya gimana dari atas bilangnya gitu, guwè cuma nerusin aja.” Nah lho, apa coba bedanya dengan kurir?

Ada lagi yang lebih hwadeeeh, “Loh guwè kan tadinya nggak mau posisi ini, guwè kan dipaksa”. Nah kalo ini jelas artinya mau gajinya tapi nggak ngerti dan nggak mau kerjanya.

Yah catatan sejarah manusia sudah mencatat mereka yang telah tertasbihkan menjad pimpinan berarti telah tergariskan untuk berbuat sesuatu, merumuskan sesuatu agar kapal yang dipimpinnya bergerak lebih baik, bukan sekedar ‘yang penting’ berlayar, soal arah dan tujuan cuma jadi untung-untungan siapa tau ketemu pelabuhan.

Jadi buat mereka yang sedang teramanahkan dengan sebuah jabatan, coba tanyakan kualitas yang Anda miliki. Apakah selama ini Anda telah memerankan diri dengan baik sebagai seorang pimpinan? Bila tidak, sudahi peran Anda sebagai Tikhi alias Titipan Khilaf, yang selalu khilaf dengan titipan peran yang seharusnya dimainkan. Mending buka usaha Tiki alias Titipan Kilat saja, karena darah Anda jelas berada di sana!

– – –

*edisi cermin diri  |  Gambar kotak diunduh dari psdgraphics.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s