Mengapa BIP Harus Tetap Mengeluarkan Album?

130220-bip-nation

Bayangkan, seorang Juragan Kelapa yang cukup menyentuh kulit sabut kelapa sudah tahu kualitas dari kelapa yang disentuhnya. Si Juragan bertemu dengan Jawara Kupas Kelapa, cukup lima kali tebaskan golok maka sabut kelapa terlepas rapi dari batoknya, berikut terlepas juga daging putih tebal dari kelapa tersebut. Kemudian bertemu juga dengan Pendekar Pemarut nomor wahid, yang dapat bergerak memarut dengan kecepatan batas ambang suara. Terakhir, bergabunglah seorang Ahli Peras parut kelapa yang dapat memeras dengan ketepatan maha dahsyat, menghasilkan tingkat kualitas kekentalan, kemurnian serta gurih santan yang tak tertandingi.

Saya selalu membayangkan BIP itu seperti ilustrasi di atas. Sekumpulan jawara wahid musik Indonesia berkumpul untuk menghasilkan karya lagu, hasilnya pasti fenomenal. Walau sesungguhnya berkumpulnya para jawara bisa saja hasilnya malah negatif, karena yang berjalan justru adu kuat gagasan, aku kuat keinginan, adu kuat ego yang ujungnya tak juga mengkristal malah menghambar tak jadi apa-apa. Namun, para personil BIP sepertinya telah melewati masa-masa ‘adu-adu’-an tersebut. Bila melihat suasana proses rekaman yang mereka lakukan, –dalam perspektif sederhana saya– justru aktivitas yang berlangsung tak beda jauh dengan suasana liburan, menjadi kunjungan pelepas penat sekaligus re-charge alasan mengapa mereka memilih musik sebagai hidup mereka. Karena, konon bertemu dan berkumpul dengan titik-titik di mana kita berawal biasanya akan sanggup menempatkan kita pada kesadaran awal mengapa kita telah melangkah sedemikian jauh.

Kehadiran BIP sudah barang tentu tidak dapat terlepaskan dari sosok SLANK, dan kehadiran SLANK tidak dapat dilepaskan dari keberhasilan mereka mendobrak pakem-pakem bermusik yang saat itu sedang berada di titik jenuh kesamaan genre dan jenis musik. Mereka turut hadir menorehkan arah baru musik Indonesia, menaikkan standar bermusik yang ada, membuat naik kelas kualitas musik Indonesia, dengan cara unik mereka yang tak dapat tergantikan hingga hari ini.

Mencoba menjawab pertanyaan awal, “Mengapa BIP harus tetap mengeluarkan album?” Akhirnya jawabannya menjadi sangat sederhana, karena lewat kehadiran album mereka maka musik Indonesia kembali memiliki standar baru yang naik kelas. Mengapa naik kelas? Sebab album tersebut merupakan muara kesadaran dari hasil konstruksi aktivitas bermusik yang mereka jalankan, yang kemudian terekstrak menjadi satu karya yang penuh sari pati yang pekat dalam kualitas, dari lini awal hingga lini akhir. Pada dasarnya mereka secara terus menerus telah melakukan proses diseminasi, sebagai hasil gabungan dari proses pencarian terus-menerus (research), pembelajaran, juga melakukan inovasi-inovasi di saat terbentur dengan permasalahan-permasalahan di lapangan.

Siapa yang tak ingin mendapatkan pengetahuan sebagai hasil proses diseminasi dari Bongky, Indra Q, Ipang, dan Pay? Pada akhirnya fungsi mereka pun akan tetap berjalan pada rel awal kehadiran mereka, yakni membawa musik Indonesia senantiasa lebih baik, berkualitas, serta selalu menemukan hal-hal baru. Karena itu, untuk BIP, jangan pernah berhenti untuk menghasilkan album-album baru =)

* * *

Yah walau kalau teringat dengan dahsyatnya bajak-bajakan yang berlangsung, selalu saja miris dan tak sampai hati, betapa buruknya apresiasi bangsa ini. Terlebih produksi album itu melibatkan nilai yang tak main-main. Hmm untuk ‘nilai materi’, ide koperasi semestinya bisa dibedah untuk dijadikan satu pendekatan baru dalam produksi musik. Siapa tahu =)

6 thoughts on “Mengapa BIP Harus Tetap Mengeluarkan Album?

  1. Semoga dengan rampungnya E=MC² dan terwujudnya #BIPERSproduser kita sebagai pendengar setia BIP yang tlah lama menantikan karya dari BIP bisa lebih menghargai karya Original nya.
    Bukan hasil bajakan.

    Stop pembajakan sekarang juga dengan Formula BIPERSproduser untuk Revolusi Musik Indonesia.

    #Still Yakin Berangkaaaattt..!!!

  2. thread yang bagus gan,ane setuju dengan keseluruhan pendapat agan,semoga saja “jendral2″BIP mampu terus berkarya demi kemajuan musik tanah air,karena saya yaqin mereka semua adalah seniman sejati.
    BERANGKATT!!

  3. menarik sekali threat nya…
    terlepas dari misi maupun dampak dari musik yg suguhkan BIP untuk mengangkat kembali musik Indonesia yang berkualitas, semoga makin banyak produser yg peka untuk menorbitkan musisi musisi yg benar benar berkualitas baik secara musikalitas maupun mentalitas, Salut utk BIP

  4. Mantap Banget Threadnya Gan.. Ulasanya Penuh Dengan Penghayatan dan Ketulusan Hati Drari Seorang Yang Mengerti Akan Sebuah Musik Yang Penuh kualitas Tentunya Kita Sebagai Pecinta Bip Mendukung Sepenuhnya Bip Untuk Terus berkarya Dan Terus Mendemokan Anti Bajakan..
    Still Yakinn….
    Berangkat….

  5. Nice Threat gan.. :D
    Memasyarakatkan BIP dan memBIPkan masyarakat…
    Without DOUBT The Best Fans in Indonesia!!
    We Called them BIPERS!!
    #Berangkat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s