Melihat Lebih Dekat (03) – Penutup Hidung dan Mulut

tutup-hidung-mulutAwalnya mengira trend penutup hidung dan mulut alias masker itu hanya berkembang di seputaran para pengendara sepeda motor. Nyatanya lebih dari itu.

Di pinggiran jalan Jakarta bukan hal yang sulit untuk menemui para penjual masker. Dari yang sederhana dan bersifat sekali buang, atau berbahan dasar kain bersablon gambar, hingga yang terbentuk (seolah) hasil dari teknologi, berbahan dasar hitam dengan jahitan yang solid, ditambah ’empuk-empuk’ busa hingga terkesan berdaya-guna.

Trend ini menjadi tontonan menarik bila mencermati para pengguna yang memilih masker berbahan dasar kain lalu bersablon gambar. Pilihan gambarnya sangat beragam, tapi yang sering terpikir itu, “kok mau-maunya ada yang memilih gambar yang aneh-aneh pas untuk area mulut dan hidung.” Karena bila sekilas dilihat dari jauh pasti ada pilihan gambar yang membuat mereka yang melihat akan mengernyitkan dahi terlebih dahulu sebelum akhirnya tersadar itu hanya gambar. Bagaimana tidak mengernyitkan dahi bila gambar yang ditaruh di masker itu gambar tulang belulang tengkorak bagian mulut dan hidung, moncong babi, mulut hiu yang menganga, dan SpongeBob.

Nah, menyambung kalimat pembuka di awal tulisan ini, ternyata di MetroMini pun trend ini merebak pesat. Saat ini bukan hal yang aneh lagi melihat pengguna masker itu terus mengenakannya saat sudah berada di dalam bis. Warna-warni, beragam visual, bermacam bentuk. Di busway juga terdapat yang mengenakan namun sangat minim, mungkin juga karena udaranya dianggap lebih bersih ketimbang MetroMini yang sangat dahsyat asap buangan knalpotnya, plus karena tidak tertutup kaca jendelanya maka polusi dari luar dengan mudah masuk begumul menyesakkan.

Buat yang masih cari-cari visual apa yang akan dipilih untuk menghiasai masker, coba pilih seperti masker yang tervisualkan di artikel ini. Tapi jangan tertukar pemanfaatannya, cowok pilih yang cowok, cewek pilih yang cewek. Akhirnya bila bertemu mereka yang mengenakan pasti akan menjadi hiburan tersendiri, naik MetroMini bareng Oom Pitt dan Tante Jolie =)

One thought on “Melihat Lebih Dekat (03) – Penutup Hidung dan Mulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s