Tim Nasional Garuda Pra Piala Dunia 1986

tim-nas-garuda-1986

Singgungan pertama saya dengan Piala Dunia itu semenjak Pra Piala Dunia 1986. Tim Nasional Indonesia andai saat itu mengalahkan Korea Selatan maka akan lolos masuk putaran Piala Dunia di Mexico. Tapi nasib berbicara lain, satu pertandingan tandang dan satu menjadi tuan rumah yang dijalani keduanya gagal memetik kemenangan.

Dulu itu mengakses berita olahraga hanya bermodal TVRI, harian Kompas dan sisipan Tabloid BOLA yang terbit tiap Jumat. Dua yang terakhir itu saya baca di rumah sepupu saya. Gambar ini saya yakin pernah saya lihat di tabloid BOLA itu, kostum PSSI versi warna hijau, saya masih mengingatnya karena dulu saking bangganya dengan Timnas ini saya gambar ulang baik di kertas gambar lepasan maupun di buku gambar, berkali-kali.

Bahkan beberapa namanya pun saya masih mengingat tanpa harus melakukan googling, yakni: Hermansyah (penjaga gawang), Doni Latuperisa (penjaga gawang cadangan), Warta Kusumah, Marzuki Nyakmad, Patar Tambunan, Zulkarnaen Lubis, Bambang Nurdiansyah, Herry Kiswanto (kapten), Rully Nere (legenda dari Papua), Dede Sulaiman (striker).

Leave a Reply

