Burung-burung Manyar

burung-manyar

Menemukan buku Burung-burung Manyar karya Romo Mangun itu seperti bertemu sahabat lama yang pernah sedemikian akrabnya. Buku ini dicetak ulang, dengan tampilan yang begitu berbeda dari terbitan awalnya. Lebih segar, lebih ilustratif. Terlebih bila disandingkan dengan gambar sampul dari terbitan-terbitan dahulunya yang didominasi oleh warna solid. Terbitan pendahulunya itu hadir bergantian dalam dominasi warna putih solid, hijau dan merah dengan sampul berhias huruf berjenis script yang dipadukan dengan garis-garis penuh liuk bersulur.

Kini, edisi cetak ulangnya tampil dengan gambar sampul yang lebih banyak warna. Ilustrasi siluet seorang pemburu unggas tersaji di sana, bukan dalam bentuk bayang hitam siluet yang utuh, namun hadir dalam pulasan warna yang penuh ragam serta mencolok, menggambarkan pergulatan fisik dan batin dari tokoh yang terdapat di dalam tutur cerita. Pilihan jenis huruf berkategori serif dengan tubuh yang ringkih semakin menguatkan pesan nuansa konflik batin yang menaungi tokoh utama di sepanjang cerita.

Hal lain yang dapat diadusandingkan dengan terbitan sebelumnya adalah kualitas fisik dari buku tersebut. Pada lembaran demi lembaran buku dijumpai rangkaian jenis huruf yang nyaman untuk dibaca, dengan tingkat keterbacaan huruf yang baik. Selain itu, pilihan jenis kertas yang ringan turut memberikan nilai tambah bagi fisik buku tersebut.

Ah… segera terbayang kenikmatan menelusuri lembar demi lembar buku ini. Kembali menjumpai Teto dan Atik. Sambil merekonstruksi kembali penggalan ingatan saat dulu membaca buku ini, sambil –berteman nyaring suara jangkrik yang bersahutan, dingin pun hadir menyusup, semakin memekat bersama listrik yang tak stabil mengalir, hingga tak sanggup menjaga benderangnya pijar lampu. Juga secangkir teh kental dengan gula sejumput, dan singkong goreng yang rekah hasil mencabut sore tadi di tegalan.

* * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s