Ratu Sheila Majid

ratu-sheila-majid

Bila dapat memilih, saya akan memilih track no. 3 berjudul Embun untuk membuka album Ratu. Dentuman bass penuh energi menjadi peruntukkan prolog yang tepat bagi album berangka tahun 1996 ini, sebuah prolog yang mengawali keindahan album yang begitu memesona. Nathan East, salah satu bassist terbaik dunia, menuangkan energi yang menggetarkan, memberi ruh bagi lagu Embun.

Nama Nathan East menjadi nama yang mencorong di penggarapan album ini, mengisi seluruh track bass yang ada. Selain itu, kehadiran The Australian Concert Orchestra pada sektor strings menambah kemegahan tiap-tiap lagu. Namun, album Sheila Majid yang biasanya bertabur musisi serta pencipa lagu Indonesia, di album ini hanya ‘menyisakan’ Tito Soemarsono yang menciptakan lagu Percayalah.

Dari 8 album yang terangkum dalam CDS Box Set Sheila Majid 25 Years, saya memilih album Ratu – Sheila Majid. Bagi saya karya ini adalah salah satu album terbaik yang pernah rilis di era akhir 90-an. Dulu zaman kuliah pernah memiliki kasetnya, dibelikan di Malaysia oleh Prasmana Nazri. Waktu itu, kaset ini tidak masuk Indonesia. Dua belas lagu mengisi album ini, kesemuanya tergarap dengan luar biasa, nuansa jazz terasa kental ketimbang album-album Sheila Majid lainnya.

* * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s