Asal-usul Nama Pondok Labu Jakarta

pondok-labu

Berinteraksi dengan area Pondok Labu itu telah berlangsung semenjak tahun 1987, saat bersiap untuk pindah ke wilayah Gandul dilanjutkan dengan pindah sekolah dasar ke wilayah itu. Saat itu pun kelurahan yang berkode pos 12450 ini sudah rieweuh, macet, penuh angkot dan penuh anak sekolah. Dulu ada teman SMP yang menjuluki Pondok Labu sebagai kota pelajar, ada benarnya juga karena di wilayah seluas 3,61 km2 ini tumpah ruah dari SD hingga perguruan tinggi.

Bila membaca buku Asal-usul Nama Tempat di Jakarta karya Rachmat Ruchiat, nama Pondok Labu berasal dari gabungan dua kata, pondok dan labu. Gabungan kata tersebut dapat berarti pondok atau gubuk yang dirambati (tanaman) labu.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah apakah memang dahulu daerah Pondok Labu banyak ditanami oleh tanaman labu.

Informasi berbeda pernah saya dapatkan dari supir angkot (saya lupa angkot KWK S03 atau D01), yang pasti waktu itu sedang berangkat untuk renang ke Lebak Bulus, duduk di kursi depan, ngobrol dengan Pak Supir. Pak Supir mengatakan, disebut Pondok Labu karena wilayah tersebut awalnya disebut dengan Pondok Labuh, karena menjadi tempat berlabuh dari angkutan-angkutan dari beragam wilayah. Dari Pasar Minggu, Ciputat, Lebak Bulus, Cinere, Blok M. Semenjak dahulu, wilayah Pondok Labu telah menjadi tempat bertemunya kendaran dari beragam wilayah. Namun yang menarik, hingga hari ini tidak ada terminal yang dibangun di wilayah itu, akibatnya angkot berhenti berserak seenak-enaknya menciptakan kemacetan.

Pak Supir juga sempat bercerita dulu itu daerah MPR Fatmawati jembatannya masih dari pohon kelapa yang dibentangkan. Oplet adalah kendaraan yang melintas dari daerah Blok M lama ke Pondok Labu. Andong, dokar ataupun delman adalah angkutan utama. Hingga hari ini kendaraan yang ditarik kuda itu masih ada di Pondok Labu. Pada saat saya pindah ke Gandul, dokar masih jadi angkutan utama bila ingin ke Gandul lewat Pangkalan Jati.

Masih dari Pak Supir, di dekat Pondok Labu ada tempat yang bernama Dapur Susu, konon nama tersebut diperoleh karena di wilayah itu dahulu ada tempat memasak susu untuk kebutuhan pasien-pasien RS Fatwamati. Kini wilayah tersebut lebih dikenal dengan sebutan Dapsus. Sayangnya letak persis tempat mengolah susu tersebut Pak Supir tidak menyebutkan.

 

*  * *

One thought on “Asal-usul Nama Pondok Labu Jakarta

  1. Aku masih ingat tuh Mama pernah menunjukkan dapur tempat memasak susu di daerah RS. Sayang sudah lupa blas dimana tepatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s